Jumlah rumah sakit, terutama di kota-kota besar, cukup banyak. Masing-masing berupaya memberikan yang terbaik untuk kesehatan para pasiennya. Bukan hanya menawarkan gedung yang megah dan peralatan medis modern, tapi juga memberikan layanan/produk kesehatan terbaik kepada para pasien.

Sebagai salah satu rumah sakit papan atas di Indonesia, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) memiliki beberapa layanan andalan, yakni Cardiac Center (Catheterisasi Lab), Cancer Center (Radioterapi Linac), dan Mayo Clinic. Sebagaimana dijelaskan dr. Neny Herawati, MKKK, Director Rumah Sakit Pusat Pertamina, Cardiac Center adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengetahui adanya sumbatan di pembuluh darah jantung, dan masih jarang rumah sakit yang mempunyai alat ini.

“Kami RSPP bekerja sama dengan Mayo Clinic karena dukungan dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC). Dari kerja sama dengan Mayo Clinic, kami mendapatkan informasi medis yang sudah di-develop dengan lengkap dan terbaru. Dan kami berkesempatan berbagi knowledge dengan para dokter di Mayo Clinic melalui online ataupun dari pihak Mayo Clinic datang ke RSPP. Kami RSPP juga berkonsultasi dengan Mayo clinic terkait COE (center of excellence) kami untuk 2024,” beber dr. Neny.

RSPP juga memiliki layanan unggulan Klinik Eksekutif dan MCU (one stop services). Apa bedanya dari poliklinik reguler? “Di Klinik Eksekutif & Medical Check Up, pasien bisa menyelesaikan pemeriksaan dalam satu tempat/lantai saja,” tandasnya. Selain itu, masih ada layanan unggulan Dental Aesthetic yang didukung dengan alat Panoramic 3D, yang bisa melihat rahang/gigi lebih nyata dan lebih tepat. Dental Aesthetic juga memiliki lab gigi untuk membuat gigi tiruan atau palsu.

Menurut dr. Neny, RSPP memiliki SDM dan klinisi yang lengkap terkait program unggulan tersebut. “Didukung dengan pemeriksaan penunjang yang lengkap dan mutakhir, dimana semua ini kami promosikan/perkenalkan ke masyarakat dengan progam digital marketing melalui media sosial,” katanya. Selain aktif memanfaatkan media sosial, RSPP juga kerap menggelar promosi melalui webinar untuk masyarakat awam atau nonmedis dan webinar ke perusahaan-perusahaan agar calon pasien mengetahui keunggulan COE dari RSPP.

“Kami juga mempunyai dokter spesialis dan subspesialis dan perawat-perawat yang sudah ahli di bidangnya,” tandasnya lagi. Berbagai Kanal yang Bisa Dimanfaatkan Pasien RSPP mempunyai akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube yang berfungsi untuk memberikan informasi terbaru terkait RSPP, promosi, ataupun edukasi kesehatan dari para dokter.

Informasi terkait RSPP juga bisa diakes melalui call center di nomor 150442 dan WhatsApp Chat 0815-1515-0442. Untuk reservasi dan mengetahui jadwal praktik dokter, pasien bisa memanfaatkan Website RSPP.

Lantas, apa saja yang membedakan layanan unggulan milik RSPP dibandingkan kompetitor? Neny kembali menegaskan, saat ini RSPP merupakan satu-satunya member dari Mayo Clinic Care Network, sehingga para dokter di RSPP mempunyai akses secara langsung terhadap pengetahuan dan skill yang dimiliki oleh para dokter atau ahli dari Mayo Clinic. Sementara rumah sakit lain tidak memilikinya.

Para dokter RSPP juga dapat mengonsultasikan kasus kasus sulit secara langsung kepada tim dokter Mayo Clinic, sehingga pasien tidak perlu berobat ke luar negeri. “RSPP sedang mengadopsi alur layanan yang dimiliki Mayo Clinic untuk diterapkan di RSPP, layanan yang berfokus kepada pasien dengan kolaborasi tim multidisiplin yang baik,” tuturnya.

Kunci sukses dalam pelayanan agar produk unggulan tersebut pasarnya semakin luas dan customer semakin loyal, menurut dr. Neny, terletak pada tiga hal. Ketiganya mencakup; memberikan Service Excellence dengan memperhatikan kebutuhan konsumen, memberikan pelatihan-pelatihan kepada SDM agar layanan tetap update baik ilmu medis maupun nonmedis, serta mempromosikan melalui Digital Marketing karena berbagai hal sekarang sudah terkoneksi dengan smartphone.

Hubungi Kami!